31 Januari 2008

Analisis SMS Kritis

Dunia periklanan kita lagi marak2nya dipenuhi sama iklan sms, terutama yang berkaitan dengan “peramalan”, ramal nasiblah, asmara, keberuntungan, karir, dan sebagainya. Pada gak percaya ma Tuhan yah?! Menurut gw, semua kehidupan yang kita jalani ini tergantung sama usaha kita, Tuhan memberikan syarat-syarat yang harus kita penuhi untuk ngedapetin apa yang kita mau, nah supaya kita dapet apa yang kita inginkan, kita harus berusaha untuk menuhin semua syarat2 yang yang Tuhan berikan + jangan lupa doa juga, toh kalo kita gak dapet apa yang kita pengen, berarti kita bakal berpindah dari satu takdir ke takdir yang lain. Tuhan punya rencana lain yang lebih indah buat kita.

Beberapa contoh iklan sms yang sebenarnya bisa kita kritisi:

  1. REG(spasi)RAMAL(spasi)NAMA kirim ke 9090

Kata si Peramal ini, nasib kita ada hubungannya sama no.Hape yang kita punya, bayangkan sodara2 kalo tu orang punya banyak no.Hape, wuaalaah berarti beda2 juga dong nasibnya, trus kalo tu no.Hape dikasih dari temen, atau orang lain berarti ni nasibnya siapa dong?! Masih bagus kalo dikasih dari temen, kalo nyolong??? Gimana??? Ngutip kata2nya ni peramal, “Saya bisa meramal nasib anda hanya dengan melihat no.Hp anda, karena mungkin saja no.Hp yang anda pilih akan menentukan nasib anda..bla..bla..bla.. (ampe bebusa2 dia ngejelasinnya) Catet! kata “mungkin” berulang kali dia sebut, itu tandanya dia aja nggak yakin ama ramalannya. Gimana bisa kita percaya????

  1. REG(spasi)RAMAL(spasi)NAMA kirim ke 9090 (versi BARU)

Hahahaha.. simak baik2 deh iklan versi baru yang satu ini. Si peramal berkata,”angka 3, 6, 9 yang merupakan bilangan prima pada no. Handphone anda merupakan angka keberuntungan.” Kesalahan sang peramal, coy! Kalian tau gak seeh?! Bilangan2 yang termasuk bilangan prima adalah 2,3,5,7,11,13...dst.. bilangan prima adalah ,bilangan asli yang lebih besar dari 1, yang faktor pembaginya adalah 1 dan bilangan itu sendiri, 6 bukan bilangan prima karena 6 bisa dibagi 2 atau 3, begitu juga dengan angka 9 yang bisa dibagi 3. (maaf yH! anak SD juga mungkin tau!)

  1. REG(spasi)RAMAL(spasi)TANGGAL LAHIR kirim ke 9554

“Saya adalah ahli astrologi, saya akan buka semua rahasia kehidupan anda, baik ataupun buruk, itulah mengapa saya merahasiakan identitas diri saya”, kata ‘ntu peramal. Pertanyaan gw, kenapa harus ngerahasiain identitas kalo emang Lu bener dan yakin ramalan Lu itu jujur??

  1. REG(spasi)RAMAL(spasi)NO. SEPATU kirim ke 081241888XX

Nah!! Iklan ramal satu ini yang bisa dipercaya, dijamin 100% bener dah!!! Saya bisa ngeramal siapa jodoh anda hanya dengan melihat nomer sepatu anda! Gw bakal buat sayembara,”Barang siapa yang cocok dengan nomor sepatu ini bakal dijadiin istri/suami!” (mang Cinderella apa?!) Huehehehe....

Tidak ada komentar: